Sejarah dan Perkembangan Macintosh OS dari Waktu ke Waktu

Seputar Mac OS


Mac OS adalah singkatan dari Macintosh Operating System. Mac OS adalah sistem operasi komputer yang dibuat oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macintosh dan tidak kompatibel dengan PC berbasis IBM. Diperkenalkan pada tahun 1984, Mac OS sejak tahun 2006 telah memiliki kompatibilitas dengan arsitektur PowerPC maupun x86.

Macintosh Operating System atau sistem operasi Macintosh adalah sistem operasi yang digunakan untuk mengoperasikan komputer notebook Apple Macintosh. Mac OS merupakan sistem operasi pertama yang menggunakan Graphical User Interface – GUI. Orang-orang penting pada Macintosh yaitu Bill AtkinsonJef Raskin dan Andy Hertzfeld. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Ada berbagai macam pandangan bagaimana awal mula Machintos di ciptakan. Apple sengaja membuat Macintosh yang biasa agar Macintosh dapat lebih mudah di jalankan oleh orang yang baru belajar komputer sekali pun. Sistem Operasi Macintosh pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7″. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox” yang terdapat beberapa kelebihan yang dapat digunakan untuk menggantikan keterpautan kepada toolbox komputer itu sendiri. Awalnya Apple juga sengaja menembunyikan keberadaan sistem operasi ini untuk membedakan Mac dengan sistem operasi yang lain nya seperti MS-DOS, yang lebih mudah digunakan daripada Macintosh.

Pembagian Macam – Macam Mac OS


Mac OS terdiri dari 2 bagian besar yaitu Mac OS Klasik dan Mac OS X.

Mac OS Klasik

Mac OS “Klasik” adalah sistem yang mula-mula dikeluarkan untuk Mac yang pertama pada tahun 1984 hinggalah Mac OS 9. Sistem Operasi Macintosh ini pada awalnya dikenali sebagai Sistem, seperti “Sistem 6.0.7″ atau “Sistem 7“. Pada awalnya juga dikenali sebagai “Toolbox”. Sistem 7.5.1 merupakan sistem pertama yang memasukkan logo Mac OS (muka tersenyum (smiley face) biru). Mac OS 7.6 (yang dikeluarkan pada 1996) merupakan sistem pertama yang dinamakan Mac OS karena bentuknya “klon-klon” Mac, sistem yang hampir sama dengan perusahaan – perusahaan lain seperti Power Computing dan Motorola, dan Apple hendak memberitahu dengan jelas bahwa sistem operasinya merupakan hak milik intelektualnya sendiri.

Mac OS klasik dikenali sebagai satu sistem yang tidak mempunyai baris perintah (command line); merupakan sistem yang menggunakan antara muka pengguna grafik (IU) sepenuhnya. Mac OS juga merupakan OS yang memperkenalkan.Sistem File Hierarki (Hierarchical File System) seperti pada UNIX dan Linux.

Mac OS X

Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001. Karakter “X” adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf “X” yang terdengar seperti “eks”. Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran “x” (misalnya AIX, IRIX, Linux, Minix, Ultrix, Xenix). dan Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Serverworkgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTP, SMB, LDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda. mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain. Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.

Sejarah Mac OS


Macintosh, atau disingkat Mac, adalah salah satu jenis komputer personal berbasis PowerPC yang diproduksi oleh Apple. Komputer ini dinamakan berdasarkan McIntosh, jenis apel yang disukai Jef Raskin. Macintosh diperkenalkan pertama kali pada bulan Januari 1984 lewat iklan Super Bowl yang fenomenal. Macintosh adalah komputer pertama yang memperkenalkan sistem antarmuka grafis (GUI). Pada waktu itu, langkah yang dilakukan Apple adalah sebuah perkembangan revolusioner dalam dunia komputer personal.

Pembuatan Mac merupakan suatu wujud model integrasi vertikal yang mana Apple memfasilitasi seluruh aspek perangkat keras dan juga sistem operasinya yang terinstal di dalam seluruh komputer Mac. Hal ini berbeda dengan komputer tipe PC pada umumnya, di mana banyak produsen membuat dan mengintegrasikan perangkat keras dengan sistem operasi yang dibuat oleh produsen lain. Sementara itu, Apple secara eksklusif membuat perangkat keras Mac dan mengatur bagaimana sistem internalnya, desain, dan juga harganya. Tidak hanya itu, Apple juga

System 7.6 adalah sistem pertama disebut sebagai Mac OS di layar startup. Itu merupakan beberapa fitur kecil, tapi sebagian besar sama dengan 7.5. System 7.6.1 memasukkan interface baru “Platinum”, yang dicangkokkan pada proyek dari Ap

Mac OS X 10.1 merupakan suatu rilis bugfix, tetapi Apple berhasil untuk menambahkan beberapa fitur kecil seperti posisi [I]docking[/I]. Ini adalah upgrade gratis bagi siapa saja yang membeli Mac OS X 10.0.

Perkembangan Mac OS


System 1 (24 Januari 1984)

 

 

Pada tanggal 24 Januari 1984  Mac OS pertama dirilis, dengan nama System 1. Apple membuat OS ini sebagai satu-satunya OS di masa itu yang sepenuhnya menggunakan GUI. Sejak saat itu, GUI menjadi pionir akan perkembangan OS lain. System 1 hanya bisa menjalankan 1 aplikasi saja dalam 1 waktu, dengan kata lain, System 1 belum mampu melakukan multitasking.

 


System 2 (April 1985)

 

System 2 diperkenalkan Apple pada April 1985 yang dilengkapi dengan Finder 4.1 dan Mini Finder untuk membuka aplikasi dengan cepat. Selain itu juga diperkenalkan sistem pengambilan screenshot dengan menggunakan tombol Shift + Command + 3. Di System 2, pengguna bisa men-shutdown komputer melalui menu yang disediakan.

 

 


System 3 (Januari 1986)

 

 

Versi ini dirilis Apple pada bulan Januari 1986. System 3.0 hadir bersama dengan diperkenalkannya MacPlus. Dilengkapi dengan Finder 5.1, System 3.0 mampu berjalan lebih cepat daripada versi sebelumnya. Ini dikarenakan pada System 3.0 telah ada teknologi Disk Cache yang akan menyimpan kegiatan yang sering dilakukan di memori. Satu bulan kemudian System 3.1 dirilis. Dilanjutkan System 3.2 pada juni 1986 dan System 3.3 pada Januari 1987.

 

 

 


System 4 (Maret 1987)

 

Apple merilis System 4.0 dengan Finder 5.4 pada bulan Maret 1987. Selain perbaikan bug, tidak ada perubahan yang terlalu berarti. System 4.0 ini hanya bisa dijalankan di Mac dengan RAM 512k keatas. 1 bulan berselang, Apple merilis lagi System 4.1 dengan Finder 5.5 yang hanya bisa dijalanlan di Mac OS dengan RAM 1 Mb keatas.

 

 

 


System 5 (System Software 5 – Oktober 1987)

 

 

 

Pada bulan Oktober 1987 Apple merilis System 4.2 dengan Finder 6.0. Namun mereka menamakannya System Software 5. Di versi ini, copy paste sudah bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan dilengkapi progress bar dan tombol cancel. Di System Software 5 ini pula pertama kalinya Apple memperkenalkan fitur Multitasking melalui dirilisnya MultiFinder. Satu bulan kemudian yaitu November 1987, Apple kembali merilis System 4.3 dengan Finder 6.0 atau banyak yang menyebutnya sebagai System Software 5.1

 

 


System 6 (Juni 1988)

 

 

Apple merilis System 6 tepat pada bulan Juni 1988. Ini adalah sistem operasi yang dibuat dengan lebih stabil dan berjangka waktu lama. System 6 mampu berjalan dengan cepat dan bisa menjalankan Floppy Disk hanya dengan 300-400 Kb RAM saja, menyisakan banyak RAM untuk menjalankan aplikasi-aplikasi lainnya.

 

 


System 7 (13 Mei 1991)

 

 

Tepat pada 13 Mei 1991, Apple merilis sistem 7 dengan perubahan yang sangat signifikan. System 7 memberikan kebebasan kepada penggunanya untuk membuka banyak aplikasi sepanjang masih ada memory yang tersisa. Di versi ini pengguna juga bisa share file di hardisk melalui network. Pada bulan Januari 1995, Apple merilis System 7.5 dan dilanjutkan dengan System 7.5.3 pada bulan Mei 1996.

 

 


Mac OS 7.6 (Januari 1997)

 

 

 

Apple mulai mengganti nama OS nya sejak dirilisnya System 7.6 pada Januari 1997. Mac OS 7.6 adalah System 7.6 yang diganti namanya dan sejak saat itu nama Mac OS mulai diperkenalkan untuk versi-versi selanjutnya.

 

 


Mac OS 8 (Juli 1997)

 

Pada bulan Juli 1997, Apple merilis Mac OS 8. Sistem operasi ini laku hingga 1,25 juta copy dalam waktu 2 minggu saja dan 3 juta kopi dalam waktu enam bulan yang menjadikannya software paling laris dalam periode tersebut. Mac OS 8 sangat stabil dan saat itu menjadi semacam software “yang harus dimiliki” oleh semua komunitas pengguna Mac di tahun 1997.

 

 

 


Mac OS 9 (Oktober 1999)

 

Pada tanggal 23 Oktober 1999 Mac OS 9 dirilis. Versi Mac OS  ini dipandang oleh Apple sebagai OS transisi dari versi 8 ke versi OS X. Di versi ini Apple memperkenalkan Multi User System, dimana setiap user bisa menyimpan data dan system settings mereka. Mac OS 9 memiliki implementasi dan manajemen memori yang lebih baik daripada versi-versi sebelumnya. Di versi inilah Apple memperkenalkan Apple Software Update ntuk mengupdate OS.

 

 


Mac OS X

Mac OS X memasukkan unsur-unsur BSD Unix, OpenStep, dan Mac OS 9. Mac OS X memiliki memori ala-Unix dan pre-emptive multitasking kepada platform Mac OS. Berikut ini adalah perkembangan Mac OS X:

1. Mac OS X 10 (Cheetah)

 

CEO Apple Steve Jobs menyebut Mac OS X sebagai platform penting bagi Apple setelah sistem operasi Macintosh pertama merevolusi industri pada tahun 1984. Saat diluncurkan 25 September 2001, versi pertama didukung 350 aplikasi di antaranya iMovie 2, iTunes, dan AppleWorks 6.1. Harganya waktu itu 129 dollar AS dan dipakai pada iMac, iBook, Power Macintosh G3, Power Mac G4, Power Mac G4 Cube, dan PowerBook. Di versi ini juga pertama kali diperkenalkan adanya Dock untuk pengaturan aplikasi Mac OS.



2. Mac OS X 10.1 (Puma)

 

Apple pertama kali memperkenalkan versi kedua Mac OS X pada Juli 2001 pada acara Macworld dan baru dirilis 25 September 2011. Ini mungkin versi yang selisihnya paling cepat dari pendahulunya karena hanya enam bulan. Apple meningkatkan user interface dengan nama Aqua dan memperluas dukungan terhadap media dan perangkat seperti DVD, MP3, CD, printer, dan kamera digital. Harga satu unit lisensi saat itu juga 129 dollar AS.



3. Mac OS X 10.2 (Jaguar)

 

Versi ketiga ini diperkenalkan pada Agustus 2002 namun baru tersedia di pasar 23 Agustus 2002. Untuk pertama kali, nama kodenya dipakai dalam media marketing. Ada 150 fitur baru antara lain iChat, filter junk mail, dan teknologi jaringan yang lebih baik. Dengan stabilitas yang lebih tinggi, peningkatan performa dan kecepatan serta kompatibilitas yang lebih baik.



4. Mac OS X 10.3 (Panther)

 

Keluarnya versi keempat ini selisih lebih dari satu tahun dengan versi sebelumnya karena dirilis 24 Oktober 2003. Ada 150 fitur baru ditambahkan pada Mac OS X 10.3 ini, antara lain Finder dengan satu akses klik ke file dan folder, fitur tampilan Expose, dan iChat AV untuk video konferensi. Ada juga beberapa aplikasi baru yang disertakan seperti Font Book, FileVault, dan Safari. Inilah pertama kalinya browser Safari diperkenalkan untuk menggantikan Internet Explorer.



5. Mac OS X 10.4 (Tiger)

 

Untuk versi kelima, selisih waktu dengan versi keempat malah lebih panjang lagi karena baru keluar April 2005. Namun, ada 200 fitur baru yang menarik seperti fungsi pencarian dengan Spotlight dan Dashboard yang mendukung widget untuk pertama kalinya.



6. Mac OS X 10.5 (Leopard)

 

Leopard memulai debutnya pada oktober 2007 dengan perbaikan pada fitur pencarian file dengan Stacks, desain ulang Finder, Quick Look, dan untuk pertama kali memperkenalkan backup Time Machine. Mac OS X Leopard dirilis 26 Oktober 2007 dan hadir dalam 2 versi, desktop dan server.



7. Mac OS X 10.6 (Snow Leopard)

 

Snow Leopard yang muncul Agustus 2009 mungkin pembaruan besar-besaran secara sistem keseluruhan karena Apple menyatakan telah memperbarui 90 persen dari 1000 proyek yang terlibat dalam pengembangan Mac OS X. Ukurannya hanya setengah versi sebelumnya karena cukup dengan media penyimpan 7 GB. Telah mendukung prosesor 64 bit.



8. Mac OS X 10.7 (Lion)

 

Apple telah mendistribusikan versi uji coba kepada beberapa mitra pengembang. Beberapa fitur baru antara lain teknologi berbagi file secara nirkabel AirDrop dan desain ulang aplikasi Mail. Juga ada tool interface LaunchPad untuk menampilkan tampilan layar iPhone dan iPad ke Mac OS. Platform ini juga akan mendukung penuh layar multitouch.



9. Mac OS X 10.8 (Mountain Lion)

 

Mountain Lion menyiratkan tidak terlalu banyak perubahan dibandingkan dengan versi sistem operasi sebelumnya, Mac OS X Lion. Mountain Lion akan dapat ditemukan pada komputer Apple model terbaru. Pemilik beberapa model komputer Mac terdahulu juga punya kesempatan untuk meng-upgrade sistem operasinya. Namun, model yang didukung terbatas kepada Mac yang memiliki prosesor 64 bit dan dapat menjalankan kernel 64 bit.



10. Mac OS X 10.9 (Mavericks)

 

Jika sistem operasi Apple sebelumnya selalu menggunakan nama dari keluarga kucing besar, kali ini Apple nampaknya mulai bosan dan melabeli OS terbarunya dengan sebutan OS X Mavericks. Walau tidak banyak perubahan dari OS X Mountain Lion sebelumnya, namun OS X Mavericks diklaim mampu melakukan penghematan penggunaan baterai di perangkat laptop milik Apple.



11. Mac OS X 10.10

 

Dalam gelaran Worldwide Developer Conference 2014, Apple memperkenalkan OS X terbarunya yang diberi nama Yosemite. Tampilan OS X Yosemite itu sedikit banyak mengadopsi tampilan iOS 7, yang mulai mengedepankan “flat design”. OS X Yosemite (OS X 10.10) melanjutkan tradisi baru Apple menggunakan penamaan dari nama tempat, yang dimulai sejak OS X Mavericks. Sebelum itu OS X menggunakan nama kucing besar, seperti OS X Tiger, OS X Lion atau OS X Mountain Lion.



12. El Capitan (Mac OS X 10.11)

Dirilis untuk konsumen pada akhir tahun 2015. Nama El Capitan sendiri di ambil dari sebuah nama formasi bebatuan yang ada pada taman nasional Yosemite. Ini adalah penerus sekaligus menyempurnakan dari OS X Yosemite dan difokuskan pada peningkatan kinerja, stabilitas dan keamanan data.

Menurut sejarah dan perkembangan Macintosh OS kita bisa menyadari jika panjang sekali perkembangan teknologi yang diusahakan oleh Apple, terus berusaha mengembangkan sistem operasi agar menjadi lebih baik lagi dan lebih sempurna hingga pengguna bisa melakukan multitasking dengan sangat mudah.

Fitur-fitur Mac OS


Dari info yang didapat telah membuat 10 buah daftar fitur dimana Apple telah mencurinya dari Microsoft dan beriku t adalah fitur-fitur tersebut.

  1. Finder Sidebar: Windows Navigation pane

    Seperti pada Windows Navigation pane, Fin der Sideba r milik Mac berada pada bagian kiri jendela folder menyediakan ikon hierarki dar i folder lain untuk navigasi, selain itu kita dapat mengakses semua folder yang ada pada koputer.Fitur Finder Sidebar ini telah ada pada Mac versi 10.3 Panther, dua tahun setelah Windows Navigation Pane muncul pada sistem operasi Windows, namun Microsoft tidak menggunakan ikon segitiga tapi menggunakan tanda [+] dan [-] untuk membuka hierarki folder tersebut.

  1. The Mac Path Bar: Windows Address Bar

    Mac OS X 10.5 Leopard menambahkan Path opsional bar di bagian bawah jendela untuk menampilkan folder path dari setiap file atau folder yang dipilih. Dengan melakukan double-klik pada salah satu folder dalam path akan membuka folder itu. Tarik (atau Option-drag) file untuk memindahkan atau menyalin ke salah satu folder dalam path. Fitur ini pertama kali muncul dengan nama Windows Address bar pada sistem oeprasi Windows Vista, telah muncul hampir setahun sebelum Leopard dirilis dan dilepas kepasaran. Versi Windows sedikit lebih fungsionalitas, karena kita dapat mengklik panah di sebelah ke salah satu folder dalam path untuk mendapatkan apa yang ada di dalamnya.

  1. Tombol navigasi Back dan Forward pada jendela folder

    Microsoft pertama kali menempatkan tombol Back dan Forward ini pada browser Internet Explorer, namun ternyata fitur tombol ini juga muncul pada jendela folder Windows Explorer di sistem operasi Windows 2000, sementara Apple hanya menambahkan tombol Back pada sistem operasi Mac OS X, sedangkan tombol Forward pada Mac baru muncul ketikaApple merilis Mac.

  1. Meminimalisir aplikasi yang terbuka kedalam ikon aplikasi pada taskbar

    Mac OS X Leopard Snow 10,6 memiliki fitur untuk meminimalkan aplikasi yang sedang terbuka dan menyembunyikannya ke dalam Dock, sementara Windows juga telah memiliki fitur ini jauh hari sebelumnya dengan menyembunyikan aplikasi pada taskbar.

  1. Screen Sharing: Remote Desktop Connection

    Dalam sistem operasi Mac OS X 10.5 Leopard, Apple memiliki fitur yang mungkin jarang diketahui banyak pengguna, namun fitur ini sangat berguna, yakni Screen Sharing (yang bisa ditemukan di / System / Library / CoreServices /), fitur ini juga dapat digunakan pada aplikasi iChat, dengan fitur ini pengguna Mac dapat menampilkan dan mengontrol layar komputer lain yang menggunakan sistem operasi Mac OS 10.4 atau lebih baru. Sementara fitur ini sudah ada pada Windows XP dengan nama Remote Desktop Connection, bahkan Microsoft membuat aplikasi Remote Desktop Connection ini untuk Mac sebelum Apple mebuat fitur ini pada Leopard.

  1. Time Machine: Backup and Restore

    Sebenarnya Apple tidak mencuri fitur Time machine yang ada pada Windows namun konsep yang dipakai oleh Macintosh ini sama dengan konsep yang dipakai oleh Windows dengan fitur backUp and Restore-nya. Fitur Time Machine yang ada pada Mac OS X 10.5 merupakan fitur yang sangat mudah untuk melakukan backup dan mengembalikan sistem kedalam keadaan semula. Windows telah memiliki fitur ini jauh sebelum Apple merilis Mac OS X 10.5., karena fitur ini sudah ada dalam Windows XP.

  1. System Preferences: Control Panel

    Sebelum Mac OS X ada, Apple menyimpan fitur ini pada sebuah file terpisah yang disebut panel kontrol. Microsoft menggunakan nama yang sama namun menjadikan setting control panel ini berada pada sebuah tempat yang terkumpul sehingga mudah diakses. Pada Mac OS X 10.0 Cheetah, Apple mencuri ide milik Microsoft ini namun mengganti namanya menjadi System Preference, berbeda dengan Control Panel milik Microsoft, Apple tidak membuka System Preference dalam jendela yang terpisah namun menggunakan antar muka yang lebih sederhana.

  1. ActiveSync dan Exchange 2007 support

    Pada aplikasi Exchange Server Mac menjadi aplikasi yang tidak begitu menjadi prioritas, tapi mac OS X 10.6 Snow Leopard telah menambahkan dukungan terhadap Exchange Server seperti sinkronisasi penjadwalan, kalender, kontak dan layanan e-mail. Namun sepertinya Microsoft juga tidak mau kalah dengan hal tersebut dengan menghadirkan aplikasi Outlook untuk Mac dua minggu sebelum Snow Leopard dirilis kepasaran.

  1. Command-Tab: Alt-Tab

    Sejak tahun Windows 3 keluar pada dekade 1990-an, fitur Alt-Tab telah muncul pada Windows, fitur ini digunakan untuk berpindah aplikasi yang sedang terbuka secara cepat. Apple menambahkan fitur ini dengan menggunakan fungsi tombol Command-Tab yang dijejalkan pada Mac OS X 10.3 Panther 2003. Pada versi sebelumnya Apple menggunakan fitur inidengan membuat sebuah ikon menu secara horizontal. Namun belakangan Apple menambahkan fungsionalitas lebih dengan fitur ini yakni dengan mengguakan tombol Command dan tanda panah, sementara Microsoft juga mengikutinya dengan menambahkan fitur ini pada Vista. Microsoft juga menambahkan preview dari jendela itu sendiri dengan fitur flip 3D pada tema Aero di Vista.

  1. Terminal: Command Prompt

    Para pengguna komputer jaman dulu pasti ingat, ketika Windows pertama kali menggunakan antarmuka grafis (GUI) dimana itu dijala nkan diatas progra MS-DOS, sebuah sistem operasi yang dijalankan denga n menggunakan perintah test secara ditulismelalui Command Prompt. Saat ini Com mand Prompt bukanlah DOS, namun berupa baris perintah yang bisa diberikan secara manual untuk Windows. Apple juga memiliki fungsi ini pada mac versi pertama hingga 9, namun belakangan mac menambahkan fungsi ini berupa sebuah ikon yang bernama Terminal yang menyediakan akses penuh terhadap system degan menggunakan perintah teks Unix. Pada tahun 2006 Microsoft merilis Windows PowerShell yang menyertakan sebuah bahasa pemrograman yang mendukung bahasa perintah bash (pada Unix).

Keunggulan dan Kekurangan Mac OS


Keunggulan Mac OS



  • Lebih stabil karena menggunakan UNIX.
  • Bisa mengenal file format windows.
  • Tampilan yang lebih glossy sehingga bagus untuk graphic design/multimedia.
  • Dokumen-dokumen yang dibuat di Mac bisa dibaca di OS yang lain, dan sebaliknya. Baik yang formatnya ‘generik’ (misalnya pdf, html, mp3, text) maupun yang formatnya khusus (misalnya .doc, .xls, .ppt). Asalkan ada program aplikasi (application) di kedua platform (Mac dan Windows) yang bisa membaca format tersebut.
  • Open source code sehingga Mac OS sulit dibajak.
  • Ada ‘Time Machine’ yang akan bekerja secara otomatis pada background tanpa mengganggu aplikasi yang dijalankan untuk mem-backup system yang sedang berjalan dan perubahan-perubahan pada data.
  • Ada program “sherlock“ yang tidak hanya mencari file pada harddisk dan dalam jaringan lokal, tapi juga dapat beraksi di Internet dan mencari berdasarkan keyword,
  • Macintosh memiliki keamanan terhadap virus, spyware, dan sebagainya. Hal ini menjadi alasan terbesar mengapa banyak orang memilih Mac karena untuk menghindari virus.
  • Operating System Mac ini mudah digunakan dan mudah dipelajari. Karena sumbernya jelas, training centre-nya ada, dan secara umum ketika orang dihadapkan pada Mac OS mudah belajarnya.
  • Mac memiliki jaminan kepastian dan support hardware yang jelas.

Kekurangan Mac OS



  • Mahal
  • Hanya cocok untuk graphic designer
  • Mac OS tidak dapat digunakan bersama-sama sistem-sistem pengoperasian lain yang   tidak menggunakan sistem Mac OS
  • Mac tidak bisa dirakit sendiri karena Apple sudah tidak memberi license buat perusahaan lain untuk membuat hardware yang bisa menggunakan Mac OS
  • Software di Mac OS tidak begitu lengkap
  • Kurang cocok untuk aplikasi server dan game

 

BACA JUGA :

https://adekurniawantipoltektegal.wordpress.com/2018/11/01/software/

https://adekurniawantipoltektegal.wordpress.com/2018/11/02/sistem-operasi-linux/

https://adekurniawantipoltektegal.wordpress.com/2018/11/02/perkembangan-sistem-operasi-windows-dari-awal-sampai-sekarang/

DOWNLOAD :

Link download Di sini

Link download (2) Di sini

SOURCE :

https://blog.ub.ac.id/erlindaatnamaratussholihah/2018/02/22/sejarah-dan-perkembangan-macintosh-os-dari-waktu-ke-waktu/

Advertisement

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s